Kamis, 09 Februari 2012

Waktu dan Uang menurut Iman Kristen

- 1 Timotius 6:6-10; Efesus 5:15-17 -

 Tujuan
1.     Anggota mengerti pandangan iman Kristen terhadap uang dan waktu.
2.     Anggota mengetahui prinsip Firman Tuhan dalam mengelola uang dan waktu.
3.     Anggota termotivasi untuk membuat rencana penggunaan uang dan waktu dan menerapkannya.


Aktivitas :
1.     Pemimpin menyediakan kaleng bekas susu formula sesuai jumlah anggota, kerikil, batu, air dan pasir.
2.     Kemudian setiap anggota harus memasukkan sebanyak mungkin material ke dalam kaleng dalam waktu 3 menit. Anggota yang berhasil memasukkan material paling banyak dialah yang menang.
3.     Setiap anggota diminta untuk mensharingkan hal yang dipelajari dari permainan ini.


Pendahuluan.
Kunci agar permainan ini berhasil adalah jika kerikil, batu, air dan pasir dimasukkan dengan urutan yang tepat. Jika urutannya keliru maka akan ada benda yang tidak bisa dimasukkan. Kita menyebut hal ini sebagai prinsip “first thing first”. Demikian halnya ketika kita mau belajar mengelola uang dan waktu. Agar bisa menentukan pilihan dan keputusan yang tepat dalam menggunakan uang dan waktu kita maka kita harus mengetahui prinsip firman Tuhan tentang pengelolaan uang dan waktu. Selanjutnya kita harus belajar untuk menerapkannya dengan sungguh-sungguh dalam hidup sehari-hari sehingga kita dapat terhindar dari persoalan yang timbul akibat penggunaan uang dan waktu secara keliru.


Pertanyaan Diskusi
1.     Apakah kamu pernah mengalami persoalan akibat menggunakan uang dan waktu secara keliru? Ceritakanlah pengalamanmu itu!


2.     Baca 1 Timotius 6:17-19. Apakah nasehat yang diberikan Rasul Paulus kepada orang-orang yang memiliki kekayaan?



Jadi, apakah kesimpulanmu tentang pandangan iman Kristen terhadap uang dari nasehat-nasehat tersebut?



3.     Selain nasehat dari Rasul Paulus tersebut, temukan prinsip-prinsip praktis tentang sikap yang tepat dalam menggunakan uang dan kepemilikan kita dalam ayat-ayat berikut ini :
v  Lukas 14:28-30              :
v  Markus 12:42-44            :
v  Kis. 2:44-45                   :
v  Imamat 27:30                :
v  Yakobus 5:1,5               :
v  Amsal 13:11                  :


Kita telah belajar prinsip-prinsip firman Tuhan dalam mengelola uang. Selain uang, Tuhan juga memberikan kepada kita waktu. Setiap orang hidup dalam aturan waktu yang sama: 24 jam sehari 7 hari seminggu. Tuhan juga ingin kita mengelola waktu yang diberikannya dengan baik. Untuk itu kita juga perlu mengetahui pandangan dan prinsip firman Tuhan terhadap waktu sehingga kita bisa menggunakan waktu dengan tepat.

4.     Baca Efesus 5:15-17. Apa nasehat Rasul Paulus tentang bagaimana seharusnya seorang Kristen menggunakan waktunya dalam ayat-ayat tersebut?



Catatan :
Kata kerja yang digunakan oleh Paulus untuk ‘pergunakanlah’ adalah exagorazo, yang berarti “membeli” atau “menebus”. Sementara untuk kata ‘waktu’ digunakan kata kairos  yang artinya kesempatan. Jadi Paulus ingin menekankan bahwa sebelum mengenal Kristus banyak kesempatan yang telah terbuang sia-sia dalam kehidupan penuh dosa sebab itu  setelah mengenal Yesus seorang Kristen harus menggunakan setiap kesempatan hidup dengan sebaik mungkin untuk melakukan hal yang Yesus kehendaki.


5.     Apa yang menjadi alasan seseorang harus menggunakan waktunya dengan baik (ay. 16)?



6.     Coba cermati berita-berita di media saat ini dan catatlah keadaan sulit dan berbahaya yang sedang terjadi di sekitar kita (keluarga, sekolah, gereja, kota, ataupun bangsa)!


Situasi sulit ini seharusnya mendorong kita untuk sedapat mungkin menggunakan setiap waktu (kesempatan) yang masih kita miliki untuk melakukan hal-hal yang penting. Bagaimana cara untuk mengetahui apa yang penting untuk dilakukan dan yang tidak (ay. 17)? Diskusikan artikel prioritas yang bisa kamu baca di hal......


7.     Setelah kita belajar prinsip-prinsip penggunaan waktu dan uang, coba evaluasilah penggunaan uang dan waktumu selama satu bulan terakhir ini. Apa yang menjadi dasar keputusanmu dalam menggunakan uang dan waktu, kehendak Allah ataukah keinginanmu sendiri?


Kebiasan buruk apa yang harus kamu tinggallkan dalam penggunaan uang dan waktu?


Hal apa yang akan kamu tingkatkan agar penggunaan waktu dan uangmu semakin menyenangkan hati Tuhan?


Sekarang atau Nanti
Bacalah 2 Raja-Raja 20:1-11. Seandainya saja kamu diberikan Tuhan kesempatan untuk hidup 15 tahun lagi seperti halnya Raja Hizkia, apa yang ingin kamu capai? Buatlah dalam bentuk peta kehidupan dan kreasikan dengan menarik sehingga kamu bisa menempelkannya di kamar agar dapat terus diingat dan didoakan!


Proyek Ketaatan
1.     Buatlah anggaran keuangan beserta jumlahnya selama 1 bulan ke depan.
2.     Buatlah time schedule harian, mingguan, dan bulanan dengan bentuk menarik sehingga bisa ditempelkan di kamar.
3.     Lakukanlah evaluasi penggunaan waktu dan uang setiap AKK secara berkala (2 atau 3 bulan sekali) selama KTB menggunakan buku III ini.
4.     Ayat hafalan : Amsal 30:8-9; Mazmur 90:12.

0 komentar:

Posting Komentar