15 Maret 2012
Mengapa merencanakan penfajaran?
1.
Menentukan arah pengajaran
2.
Efektifkan waktu
3.
Memberi struktur pada pengajaran
4.
Menolong PKK untuk mengajar dengan
baik dan memberikan 'makanan' yang sehat.
5.
Menjadikan pengajaran menarik
Kerangka pengajaran metode -HOOK, BOOK,
LOOK, TOOK- (karya Lawrence Richard)
Tujuan
|
Saran
melakukannya
|
Contoh
|
HOOK
·
Mendapatkan perhatian
·
Menentukan target diskusi
·
Berperan sebagai transisi
ke diskusi Alkitab.
·
"Apa yang akan kita
pelajari?"
|
· Menarik ke
diskusi
· Difokuskan
pada kebutuhan/ketertarikan kelompok
· Tidak
harus Alkitabiah tapi harus mempersiapkan'panggung' bagi diskusi Alkitab.
· Jangan
merupakan pertanyaan ya atau tidak.
· Simple dan
langsung
|
· Apa yang
membuat orang bahagia?
· Bagaimana
kamu menjadi kaya?
· Apa
tujuanmu hidup?
· Apa yang
membuat menjadi seseorang teman baik?
|
BOOK
·
Memimpin AKK untuk
menemukan kebenaran Alkitab
·
Menolong AKK memahami
kebenaran
·
Membuat observasi
·
"Apa yang Alkitab
katakan?"
|
· Sebaiknya
'nyambung' dengan kesimpulan HOOK
· Menolong
menemukan fakta. Biasanya dimulai dengan 5W 1H
· Memperjelas
dan mendefinisikan kebenaran yang ditemukan.
|
· Apa Kitab
Filipi tunjukkan tentang alasan Paulus bersukacita?
· Bagaimana
situasi yang sedang dialami Paulus ketika menuliskan surat Filipi?
· Mengapa
Paulus tetap dapat bersukacita sekalipun situasinya tidak baik?
· Dimana
terjadinya peristiwa ini?
|
LOOK
·
Memandu AKK merumuskan
kebenaran menjadi prinsip hidup yang dapat direspons
·
Menyiapkan ke tahap
aplikasi.
·
"Bagaimana bisa
diaplikasikan pada saya?"
|
· Merangkum
fakta yang ditemukan dan menarik prinsip.
· Menolong
memperjelas dan merumuskan prinsip sehingga aplikasi bisa dibuat
|
· Apa yang
bisa kita pelajari dari Paulus agar selalu berrsukacita dalam segala keadaan?
· Bagaimana
kita bisa menunjukkan sukacita kita pada orang-orang disekitar kita?
· Dalam
keadaan apa kamu seringkali tidak dapat bersukacita?
|
TOOK
·
Menjadikan personal,
penerapan yang spesifik dari prinsip yang ditemukan.
·
Menimbulkan keinginan
untuk merubah kebiasaan/karakter.
·
"Apa rencana saya
untuk melakukan?"
|
· Praktis,
aplikasi personal
· Menolong
setiap pribadi melihat begaimana kebenaran bisa diaplikasikan secara spesifik
pada hidupnya.
· Jangan
umum dan samar. Dorong setiap anggota menuliskan rencana aplikasinya dan
membagikan dengan kelompok.
|
· Bagaimana rencanamu untuk menunjukkan sukacita dalam
minggu ini?
· Dalam
situasi spesifik apa kamu berencana untuk menampilkan sukacita dalam minggu
ini?
· Pikirkan
situasi di _______ (rumah, sekolah, pekerjaan, dll) yang kamu pikir sulit
untuk bersukacita tapi akan mempercayakan kepada Allah untuk membuatmu
bersukacita.
|
Contoh Rencana Pengajaran
Judul
Pengajaran : Allah, Manusia, Dosa
Tujuan :
1.
Peserta membuat pengakuan dirinya diciptakan Allah
secara istimewa
2.
Peserta dapat menjelaskan tujuan Allah menciptakan
manusia dan alam semesta yaitu untuk menyatakan kemuliaan Allah atas seluruh
bumi.
3.
Peserta dapat menjelaskan akibat dosa manusia dan
alam semesta.
4.
Peserta mengakui kebutuhan diselamatkan oleh Allah
|
Sasaran :
1.
Mendiskusikan kejadian pasal 1 dan menarik
kesimpulan tentang keistimewaan dan tujuan penciptaan manusia.
2.
Mendiskusikan PIPA bab 1 dan menarik kesimpulan
tentang akibat dosa bagi rancangan Allah
3.
Menjelaskan kebutuhan untuk diselamatkan
|
Sasaran
(Apa yang ku ingin AKK ku tahu, rasakan,
dan lakukan)
|
Pertanyaan/Ide
(Apa yang ingin kutanyakan atau lakukan)
|
Durasi
|
|
HOOK
|
Ilustrasi dan peragaan :
·
Pertemuan I : Org
Eskimo vs Kulkas
|
·
Apa yang kamu
pikirkan ketika mendengar kisah orang Eskimo vs kulkas ini?
·
Kesimpulan : setiap
benda ada tujuannya, tidak pernah ada secara kebetulan!
|
10 mnt
|
·
Pertemuan II :
handphone rusak/periuk rusak
|
·
Apakah guna periuk
yang sudah pecah ini?
·
Dapatkah periuk ini
memperbaiki dirinya sendiri?
·
Kesimpulan : benda
yang sudah hancur tidak lagi bisa memenuhi tujuannya diciptakan.
|
10 mnt
|
|
BOOK
|
Mengetahui :
Pertemuan
I
1. Manusia dan alam semesta terjadi tidak secara kebetulan melainkan
diciptakan Allah.
2. Manusia diciptakan seturut gambar dan rupa Allah dengan tujuan
menghadirkan kemuliaan Allah atas bumi.
|
·
Membaca Kejadian 1
·
PA Swedia kejadian 1
|
30 mnt
|
Pertemuan
II
1. Dosa menghancurkan kehidupan manusia dan alam semesta.
2. Dosa adalah setiap hal yang membelokkan tujuan Allah atas ciptaanNya.
3. Dosa membuat seluruh ciptaan jatuh dalam hukuman Allah
|
·
Mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan dalam PIPA Bab 1
|
30 mnt
|
LOOK
|
Merasakan :
Pertemuan
I
1. Keistimewaan diciptakan dalam gambar dan rupa Allah
2. Tujuan hidup mereka dibandingkan dengan tujuan ALLAH atas hidup mereka
3. Menjadikan tujuan Allah sebagai tujuan hidup
|
·
Apa yang kamu
rasakan ketika mengetahui bahwa Allah menciptakanmu dengan begitu istimewa?
·
Bagaimana hal itu
mempengaruhimu dalam memperlakukan dirimu sendiri dan orang-orang di
sekitarmu?
·
Apakah tujuan hidupmu
saat ini?
·
Apakah tujuan itu
telah sesuai dengan tujuan Allah menciptakanmu? Jika belum apa yang harus
kamu lakukan
|
20 mnt
|
Pertemuan
II
1. Sungguh seriusnya dosa!
2. Kebutuhan diselamatkan dari dosa
|
·
Apa yang kamu rasakan setelah mengetahui akibat dosa
yang begitu menghancurkan?
·
Apa yang kamu
rasakan setelah mengetahui bahwa dosa membuat kita jatuh dalam hukuman Allah?
|
20 mnt
|
|
TOOK
|
Melakukan :
Pertemuan
I
1. Tidak merendahkan diri sendiri ataupun merendahkan orang lain.
2. Menanyakan WWJD setiap kali membuat keputusan.
|
·
Apa yang
seringkali membuatmu merasa rendah diri?
·
Siapa yang
seringkali kamu rendahkan? Buatlah rencana untuk meminta maaf dan tidak lagi
mengulangi hal itu.
·
Apakah area hidupmu
yang tidak memuliakan Allah? Buatlah rencana tindakan yang nyata untuk
memperbaikinya.
|
20 mnt
|
Pertemuan
II
1. Komitmen untuk meninggalkan dosa.
|
·
Dalam aspek apa kamu
seringkali jatuh dalam dosa? Apa yang menjadi penyebabnya? Buatlah rencana
agar seminggu ini tidak lagi jatuh dalam aspek itu.
|
20 mnt
|
Sumber-sumber HBLT :
1.
Artikel-artikel di internet... So
much!!!!!!
2.
Buku 'Dinamika Kelompok' - Mary Go,
dan banyak lagi.
Catatan-catatan :
·
HBLT dibuat setelah PA
·
Belajar membedakan tujuan dan
sasaran
0 komentar:
Posting Komentar