Sabtu, 17 Maret 2012

Creative Teaching HBLT

15 Maret 2012


Mengapa merencanakan penfajaran?
1.       Menentukan arah pengajaran
2.       Efektifkan waktu
3.       Memberi struktur pada pengajaran
4.       Menolong PKK untuk mengajar dengan baik dan memberikan 'makanan' yang sehat.
5.       Menjadikan pengajaran menarik

Kerangka pengajaran metode -HOOK, BOOK, LOOK, TOOK- (karya Lawrence Richard)
Tujuan
Saran melakukannya
Contoh
HOOK
·       Mendapatkan perhatian
·       Menentukan target diskusi
·       Berperan sebagai transisi ke diskusi Alkitab.
·       "Apa yang akan kita pelajari?"


·       Menarik ke diskusi
·       Difokuskan pada kebutuhan/ketertarikan kelompok
·       Tidak harus Alkitabiah tapi harus mempersiapkan'panggung' bagi diskusi Alkitab.
·       Jangan merupakan pertanyaan ya atau tidak.
·       Simple dan langsung

·       Apa yang membuat orang bahagia?
·       Bagaimana kamu menjadi kaya?
·       Apa tujuanmu hidup?
·       Apa yang membuat menjadi seseorang teman baik?
BOOK
·       Memimpin AKK untuk menemukan kebenaran Alkitab
·       Menolong AKK memahami kebenaran
·       Membuat observasi
·       "Apa yang Alkitab katakan?"

·       Sebaiknya 'nyambung' dengan kesimpulan HOOK
·       Menolong menemukan fakta. Biasanya dimulai dengan 5W 1H
·       Memperjelas dan mendefinisikan kebenaran yang ditemukan.

·       Apa Kitab Filipi tunjukkan tentang alasan Paulus bersukacita?
·       Bagaimana situasi yang sedang dialami Paulus ketika menuliskan surat Filipi?
·       Mengapa Paulus tetap dapat bersukacita sekalipun situasinya tidak baik? 
·       Dimana terjadinya peristiwa ini?
LOOK
·       Memandu AKK merumuskan kebenaran menjadi prinsip hidup yang dapat direspons
·       Menyiapkan ke tahap aplikasi.
·       "Bagaimana bisa diaplikasikan pada saya?"

·     Merangkum fakta yang ditemukan dan menarik prinsip.
·     Menolong memperjelas dan merumuskan prinsip sehingga aplikasi bisa dibuat

·      Apa yang bisa kita pelajari dari Paulus agar selalu berrsukacita dalam segala keadaan?
·      Bagaimana kita bisa menunjukkan sukacita kita pada orang-orang disekitar kita?
·      Dalam keadaan apa kamu seringkali tidak dapat bersukacita?
TOOK
·       Menjadikan personal, penerapan yang spesifik dari prinsip yang ditemukan.
·       Menimbulkan keinginan untuk merubah kebiasaan/karakter.
·        "Apa rencana saya untuk melakukan?"

·       Praktis, aplikasi personal 
·       Menolong setiap pribadi melihat begaimana kebenaran bisa diaplikasikan secara spesifik pada hidupnya. 
·       Jangan umum dan samar. Dorong setiap anggota menuliskan rencana aplikasinya dan membagikan dengan kelompok.

·      Bagaimana  rencanamu untuk menunjukkan sukacita dalam minggu ini?
·      Dalam situasi spesifik apa kamu berencana untuk menampilkan sukacita dalam minggu ini?
·      Pikirkan situasi di _______ (rumah, sekolah, pekerjaan, dll) yang kamu pikir sulit untuk bersukacita tapi akan mempercayakan kepada Allah untuk membuatmu bersukacita.
  
Contoh Rencana Pengajaran

Judul Pengajaran : Allah, Manusia, Dosa
Tujuan :
1.       Peserta membuat pengakuan dirinya diciptakan Allah secara istimewa
2.       Peserta dapat menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia dan alam semesta yaitu untuk menyatakan kemuliaan Allah atas seluruh bumi.
3.       Peserta dapat menjelaskan akibat dosa manusia dan alam semesta.
4.       Peserta mengakui kebutuhan diselamatkan oleh Allah
Sasaran :
1.       Mendiskusikan kejadian pasal 1 dan menarik kesimpulan tentang keistimewaan dan tujuan penciptaan manusia.
2.       Mendiskusikan PIPA bab 1 dan menarik kesimpulan tentang akibat dosa bagi rancangan Allah
3.       Menjelaskan kebutuhan untuk diselamatkan



Sasaran
(Apa yang ku ingin AKK ku tahu, rasakan, dan lakukan)
Pertanyaan/Ide
(Apa yang ingin kutanyakan atau lakukan)
Durasi

HOOK


  Ilustrasi dan peragaan :
·         Pertemuan I : Org Eskimo vs Kulkas

·         Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kisah orang Eskimo vs kulkas ini?
·         Kesimpulan : setiap benda ada tujuannya, tidak pernah ada secara kebetulan!


10 mnt
·          Pertemuan II :  handphone rusak/periuk rusak
·         Apakah guna periuk yang sudah pecah ini?
·         Dapatkah periuk ini memperbaiki dirinya sendiri?
·         Kesimpulan : benda yang sudah hancur tidak lagi bisa memenuhi tujuannya diciptakan.

10 mnt

BOOK



  Mengetahui :
Pertemuan I
1.       Manusia dan alam semesta terjadi tidak secara kebetulan melainkan diciptakan Allah.
2.       Manusia diciptakan seturut gambar dan rupa Allah dengan tujuan menghadirkan kemuliaan Allah atas bumi.
  

·         Membaca Kejadian 1
·         PA Swedia kejadian 1



30 mnt
 Pertemuan II
1.       Dosa menghancurkan kehidupan manusia dan alam semesta.
2.       Dosa adalah setiap hal yang membelokkan tujuan Allah atas ciptaanNya.
3.       Dosa membuat seluruh ciptaan jatuh dalam hukuman Allah

·         Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dalam PIPA Bab 1


30 mnt





LOOK


 Merasakan :
Pertemuan I
1.       Keistimewaan diciptakan dalam gambar dan rupa Allah
2.       Tujuan hidup mereka dibandingkan dengan tujuan ALLAH atas hidup mereka
3.       Menjadikan tujuan Allah sebagai tujuan hidup




·         Apa yang kamu rasakan ketika mengetahui bahwa Allah menciptakanmu dengan begitu istimewa?
·         Bagaimana hal itu mempengaruhimu dalam memperlakukan dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu?
·         Apakah tujuan hidupmu saat ini?
·         Apakah tujuan itu telah sesuai dengan tujuan Allah menciptakanmu? Jika belum apa yang harus kamu lakukan


20 mnt
 Pertemuan II
1.       Sungguh seriusnya dosa!
2.       Kebutuhan diselamatkan dari dosa

·          Apa yang kamu rasakan setelah mengetahui akibat dosa yang begitu menghancurkan?
·         Apa yang kamu rasakan setelah mengetahui bahwa dosa membuat kita jatuh dalam hukuman Allah?


20 mnt

TOOK


Melakukan :
Pertemuan I
1.        Tidak merendahkan diri sendiri ataupun merendahkan orang lain.
2.       Menanyakan WWJD setiap kali membuat keputusan.


·          Apa yang seringkali membuatmu merasa rendah diri?
·         Siapa yang seringkali kamu rendahkan? Buatlah rencana untuk meminta maaf dan tidak lagi mengulangi hal itu.
·         Apakah area hidupmu yang tidak memuliakan Allah? Buatlah rencana tindakan yang nyata untuk memperbaikinya.

20 mnt

Pertemuan II
1.       Komitmen untuk meninggalkan dosa.


·         Dalam aspek apa kamu seringkali jatuh dalam dosa? Apa yang menjadi penyebabnya? Buatlah rencana agar seminggu ini tidak lagi jatuh dalam aspek itu.

20 mnt


Sumber-sumber HBLT :
1.       Artikel-artikel di internet... So much!!!!!!
a.       www.egadideas.com
b.      www.thesource4ym.com

2.       Buku 'Dinamika Kelompok' - Mary Go, dan banyak lagi.


Catatan-catatan :
·         HBLT dibuat setelah PA
·         Belajar membedakan tujuan dan sasaran

0 komentar:

Posting Komentar