Rabu, 01 Februari 2012

DUNIA BUTUH KESELAMATAN!!!

Pendahuluan
Kita tentu sering mendengar tentang AIDS. Ya... penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini adalah penyakit yang sangat ditakuti karena sifatnya yang mematikan dan tidak dapat disembuhkan. Hingga saat ini berbagai upaya penelitian dilakukan di seluruh dunia untuk menemukan obat anti AIDS, namun tetap belum berhasil.

Diskusikan!
Jika ada temanmu yang terkena AIDS upaya terbaik apa yang dapat kamu lakukan untuknya?  


Seperti seorang penderita AIDS, dunia tempat kita tinggal saat ini sedang sekarat! Namun, ada jalan keluar dari keadaan itu. Baca Kejadian 19:1-29.

1.  Siapa saja tokoh dalam kisah ini dan bagaimanakah karakteristik mereka?
  Lot (Ay 1-3, 6-8, 15-16, 18-20) : Lot adalah keponakan Abraham yang memilih tinggal

  Kedua malaikat (Ay 1-2, 10-11, 12-13, 15-17, 21-22)

  Orang-orang lelaki dari kota Sodom (Ay 4-5, 9, 11)

  Kedua bakal menantu Lot (Ay 14)

  Istri Lot (Ay 26)

2.  Setelah mencermati karakteristik tiap tokoh dalam peristiwa ini apakah yang dapat kamu simpulkan tentang kehidupan kota Sodom dan pengaruhnya terhadap keluarga Lot?


3.  Apakah tindakan Allah terhadap kota Sodom yang sangat jahat tersebut (Ay 24-27)?

Menurutmu apakah Allah tidak memberi kesempatan bagi kota Sodom untuk bertobat (Ay12-14)? Apakah syarat agar kota Sodom tidak dihancurkan oleh Allah? (Bandingkan dengan Kej. 18:23-33, Yunus 3).

4.  Coba cermati dunia tempat kita tinggal saat ini –kehidupan siswa, mahasiswa, dan bangsa kita-. Dalam hal apa saja dunia kita mencerminkan kehidupan kota Sodom?



5.  Bila kita memperhatikan berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini (berbagai bencana, penyakit-penyakit baru, dsb) apakah yang dapat kita simpulkan tentang tindakan yang Allah hendak lakukan terhadap dunia kita hari ini?



6.  Apakah yang harus kita lakukan agar Allah mengasihani dunia kita? Buatlah langkah konkrit dan saling mendoakan dalam kelompok.





Obat dari keadaan dunia yang sedang sekarat ini ada di tangan kita, yaitu berita Injil. Siapakah yang mau di utus dan siapakah yang mau pergi
untuk memberitakannya pada dunia?
Kita!


0 komentar:

Posting Komentar