Rabu, 01 Februari 2012

Dasar Alkitab Kurikulum KTB

             DASAR ALKITAB

  1. Kolose 2:6-7
"Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. "

Pertumbuhan merupakan proses.
Berakar di dalam Dia →dibangun di atas Dia → bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan → hati yang melimpah dengan syukur.

  1. Roma 8:29-30
"Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. "

Tujuan akhir dari proses pertumbuhan adalah keserupaan dengan Kristus.

  1. Efesus 4:11-16
"Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Pertumbuhan ke segala arah : keterampilan, iman, pengetahuan, menjadi dewasa (dalam karakter), agar efektif dalam pekerjaan pembangunan tubuh Kristus.


  1. Matius 28:19
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Pengajaran melalui pelatihan. Bukan sekedar transfer knowledge melainkan transfer of life.

  1. I Korintus 3:6-7
"Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan."

Allah yang mengerjakan pertumbuhan dalam diri setiap orang. Dan setiap orang memiliki pertumbuhannya masing-masing.

Jadi ketika kita hari ini mau berbicara tentang kurikulum dan tahapan pertumbuhan KTB fokus kita bukanlah tentang  berapa banyak buku yang diselesaikan namun pada pertumbuhan dalam segala hal menjadi serupa dengan Kristus yang adalah kepala melalui ketaatan pada pengajaran.

0 komentar:

Posting Komentar